Moms, pada masa pertumbuhan si kecil mulai semakin tahu apa yang ia inginkan. Hal ini kadang bikin anak susah diatur, sering membantah dan mengabaikan nasihat dari Moms.

Moms, jangan dulu marah. Anak yang membantah tak selamanya buruk. Bisa jadi ia sedang mengeksplor rasa ingin tahunya yang besar atau bisa juga ia sedang mencari perhatian orang tuanya. Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/10/2020) berikut tips emngatasi anak yang suka membantah.

1. Jangan Terpancing Emosi dan Menghakimi Anak

Ketika anak melawan dan membantah, jangan langsung terpancing emosi dan menghakiminya. Lebih baik hadapi dengan kepala dingin dan tanyakan tentang kemauan anak yang sebenarnya. Fokuskan pada anak. Jangan fokus kenapa anak tak mau mendengar perihtah dan nasihat dari Moms.

2. Ajak Anak Bicara

Coba ajak anak bicara empat mata. Ingat, perilaku membantah pada anak bisa saja terjadi karena mereka sedang cari perhatian dari orang tuanya. Ajak duduk dan ngobrol bersama. Bikin suasananya senyaman mungkin. Dengan begini, anak mungkin akan bercerita tentang alasannya kenapa ia membantah.

Baca Juga: Moms, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak