Moms, berhadapan dengan anak yang susah mandi memang bukan perkara gampang. Rasanya keluhan ini dialami hampir oleh semua orangtua. Padahal membersihkan tubuh itu penting.

Kulit anak yang gampang berkeringat bisa berakhir panuan atau mengalami penyakit kulit lainnya jika tak rajin dibersihkan. Moms harus lebih bersabar membujuk si kecil. Jangan paksa anak, ini malah akan membuat si kecil semakin ogah mandi. Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/10/2020) begini trik jitu mengatasi anak yang susah saat disuruh mandi.

1. Ketahui penyebab anak susah mandi

Ada banyak penyebab anak malas mandi, mulai dari kelelahan, tidak mau melewatkan waktu bermain atau meninggalkan aktivitas, merasa canggung dengan perubahan fisik, bahkan juga depresi. Daripada memarahi dan menghakimi, coba dekati dan tanyakan apa yang membuat anak malas mandi, jadi Moms bisa mengajak Si Kecil berdiskusi untuk mencari solusi terbaik.

2. Buat rutinitas mandi

Setelah tahu alasannya, ajak si kecil membuat rutinitas mandi yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhannya. Lalu pastikan rutinitas tadi dijalankan dengan konsisten setiap hari. Untuk memotivasi anak supaya bertanggung jawab pada kebersihan dirinya, jangan lupa tentukan bersama konsekuensi kalau rutinitas mandi tak dijalankan. Misalnya tak boleh bermain ke rumah teman di akhir pekan atau tidak boleh menggunakan gadget.

Baca Juga: Moms, Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Produk Tisu Basah untuk Bayi