Sejak virus covid-19 menyerang kita, hidup keseharian kita menjadi berubah, kini kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kita seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker setiap beraktifitas di luar rumah. Hal ini tentu dilakukan untuk mengurangi dan memutus mata rantai penyebaran virus mematikan ini.

Meski sudah diingatkan berkali-kali, namun masih banyak masyarakat yang masih enggak mau nurut untuk menggunakan masker, lho! Salah satu pengecualian yang sering digunakan oleh orang-orang untuk melepas masker adalah untuk melakukan swafoto.

Hal ini ternyata enggak hanya dilakukan oleh masyarakat saja, namun juga sering dilakukan oleh pejabat publik di berbagai negara! Kelakuan ini sering sekali dilakukan karena mereka merasa bahwa hanya membutuhkan waktu yang sebentar untuk melepas masker untuk berswafoto kemudian akan kembali menggunakannya.

Tapi, sebenarnya boleh enggak ya hal tersebut dilakukan?

Ternyata hal tersebut enggak disarankan, lho! Karena jika kita membuka masker dan enggak menjaga jarak aman maka sama aja akan memperbesar risiko penyebaran corona di sekitar kita. Makanya, enggak jarang jika banyak penyebaran virus ini terjadi di tempat yang ramai seperti pesta pernikahan atau tempat berkumpul.

Meski kita menganggap hal tersebut sepele dan enggak membutuhkan waktu yang lama namun ternyata tetap bisa memberikan risiko penularan, lho! Apalagi ditambah dengan enggak menjaga jarak aman sesuai dengan protokol kesehatan.

Swafoto tanpa menggunakan masker bisa berbahaya karena posisi untuk mendapatkan gambar adalah dengan saling berdekatan agar semua bisa masuk ke dalam gambar yang akan diambil. Hal ini sebaiknya tetap dilakukan dengan masih menggunakan masker sepanjang acara. Kemudian, penggunaan masker juga merupakan salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan.

Baca Juga: Beauty, Catat! Begini Tips Jitu Agar Lipstik Enggak Nempel di Masker

Walaupun hanya dalam hitungan detik, membuka masker ketika berfoto bersama bisa memberikan celah bagi virus ini untuk masuk ke dalam tubuh kita, lho! Akan lebih baik jika ingin berswafoto bersama-sama tetap menjaga jarak aman dan mengikuti protokol kesehatan yang sudah diberikan.