Menu

Mitos Atau Fakta Buah Nanas Bisa Menyebabkan Ibu Hamil Keguguran? Cari Tahu Yuk Moms!

11 Agustus 2022 13:55 WIB
Mitos Atau Fakta Buah Nanas Bisa Menyebabkan Ibu Hamil Keguguran? Cari Tahu Yuk Moms!

Ilustrasi ibu hamil membawa buah nanas (Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Banyak mitos beredar di masyarakat jika makan nanas bisa menyebabkan keguguran. Rupanya, hal ini adalah fakta lho Moms.

Ini karena buah nanas mengandung zat bromelain yang bisa menyebabkan keguguran pada janin. Namun, hal ini dapat terjadi ketika nanas dikonsumsi secara berlebihan. 

Melansir dari Suara.com, pada Kamis (11/8/2022) dr. Ema mengatakan kalau nanas tetap boleh dikonsumsi ibu hamil. Namun, usahakan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak. Nanas sendiri mengandung vitamin C, mineral, serta nutrisi lain yang dibutuhkan ibu hamil.

Nah, Moms bisa mencampur nanas dengan buah atau sayur lain dan menjadikan salad.

Lantas, mengapa nanas bisa menyebabkan keguguran?

Mengutip livestrong.com, nanas bisa menyebabkan masalah keguguran jika kita mengonsumsinya 10 buah nanas utuh dalam sekali duduk.

Mitos yang beredar jika makan nanas menyebabkan keguguran sebenarnya didasari pada senyawa bromelain yang terkandung dalam nanas.

Senyawa tersebut dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan perdarahan abnormal, sehingga gak direkomendasikan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Meskipun kandungan bromelain ditemukan dalam inti nanas, namun sangat sedikit yang benar-benar ada di daging nanas yang biasa kita makan. Sehingga hal itu tak memengaruhi kehamilan Moms.

Baca Juga: Sering Dikonsumsi Agar Cepat Hamil, Benarkah Nanas Bisa Tingkatkan Kesuburan?

Baca Juga: Rutin Konsumsi Nanas Bikin Cairan Organ Intim Jadi Lebih Manis, Mitos atau Fakta Ya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.