Indonesia dipenuhi dengan berbagai macam tumbuhan yang kandungannya kaya akan manfaat untuk kulit, setuju enggak Beauty? Salah satu tumbuhan yang telah lama digunakan untuk kecantikan kulit adalah lidah buaya.
Lidah buaya atau aloe vera mengandung banyak nutrisi, seperti glycerin, sodium palmate, sodium carbonate, sodium palm kemelate, dan sorbitol yang bagus untuk kesehatan kulit. Untuk penjelasan mengenai manfaat lidah buaya untuk kulit dengan lebih jelas, simak terus artikel ini ya, Beauty!

1. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi kering dan kehilangan elastisitasnya. Namun, penelitian telah membuktikan, lidah buaya dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah tanda-tanda awal penuaan dini.
Caranya, campurkan 1 sendok teh gel lidah buaya, ½ sendok teh minyak zaitun, dan 1 sendok teh oatmeal instan. Aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pasta di wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin.

2. Melembapkan Kulit

Sebelumnya telah dibahas mengenai manfaat mencegah penuaan dini, hal itu disebabkan karena lidah buaya dapat melembapkan kulit. Ketika kulit lembap, kulit menjadi rentan terjadi kerutan karena keelastisannya. Lidah buaya dapat meningkatkan kadar air kulit dan membuat kulit terhidrasi tanpa terkesan berminyak.
Kupas lapisan luar daun lidah buaya. Ambil gel dan simpan dalam sebuah wadah. Pijat lembut gel di wajah. Simpan sisanya di kulkas agar bisa digunakan kembali.

3. Mengurangi Jerawat dan Membantu Mencerahkan Bekas Jerawat

Gel lidah buaya memiliki manfaat untuk mengurangi jerawat dan membersihkan noda bekas jerawat. Kandungan giberelin, auksin dan polisakarida membantu mengurangi jerawat dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

4. Membantu Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Lidah buaya banyak digunakan untuk menenangkan dan mengurangi peradangan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Sifat anti-inflamasi yang ada di dalamnya dapat mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Antioksidan dalam lidah buaya juga dapat menjaga kelembapan alami kulit sehingga mempercepat penyembuhan kulit yang terbakar.

5. Sembuhkan Luka dan Gigitan Serangga

Selain dapat menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, sifat anti-inflamasi dalam lidah buaya juga dapat menyembuhkan luka dan gigitan serangga secara efektif. Gel dari tumbuhan lidah buaya dapat digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka kecil, memar, dan gigitan serangga.

6. Mengurangi Stretch Marks

Ketika kulit melentur seperti saat masa hamil atau karena berat badan naik, elastisitas kulit menjadi rusak, hal itulah yang menghasilkan tampilan stretch marks. Tanda yang hampir dimiliki semua wanita ini dapat disembuhkan dengan penggunaan sabun lidah buaya secara teratur.