Menu

Banyak yang Gak Tahu, Ini 5 Gejala Sakit Liver yang Perlu Diwaspadai

12 Agustus 2022 13:45 WIB
Banyak yang Gak Tahu, Ini 5 Gejala Sakit Liver yang Perlu Diwaspadai

Ilustrasi Fatty Liver (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Bandung —

Gejala liver atau penyakit hati sering dianggap sepele karena banyak yang menganggap peyakit ini tak berbahaya. Namun, ini bisa jadi salah satu penyakit yang merenggut nyawa lho.

Penyebab liver tidak sehat pun bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti sering mengonsumsi alkohol atau sering begadang.  Untuk itu, kamu perlu waspadai kesehatan liver dengan mengetahui berbagai gejala berikut ini.

1. Gatal di kulit

Gejala paling umum yang dirasakan saat liver tidak sehat adalah gatal-gatal di kulit. Hal ini terjadi karena adanya cairan empedu di peredaran darah.

Ketika liver rusak, kantong empedu mengalami gangguan fungsi, sehingga cairan empedu bisa mengalir di dalam darah dan menumpuk di bawah kulit. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya rasa gatal.

2. Angioma

Angioma merupakan istilah bagi pembuluh darah yang terlihat jelas di kulit. Pada beberapa kasus liver tidak sehat, pembuluh darah di bawah kulit bisa timbul karena tingginya kadar hormon oestrogen, akibat fungsi liver yang terganggu.

3. Memar

Bukan dijilat jin, memar tanpa sebab di kulit juga merupakan penanda liver tidak sehat. Protein yang dibutuhkan untuk menghentikan perdarahan tidak diproduksi dengan cukup karena liver rusak, sehingga memar gampang terjadi.

Baca Juga: Waspada! Pengidap Liver dan 4 Penyakit Ini Dilarang Keras Makan Alpukat, Bisa Perparah Keadaan

Baca Juga: Jangan Nyesel Belakangan, Beauty! Ini 8 Ciri Penyakit Liver pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.