Tidur menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan oleh bayi. Namun, pasti Moms sering kali menghadapi bayi yang sulit tidur baik siang maupun malam. Kurangnya tidur si bayi sangat mempengaruhi aktivitas ibu. Moms jadi enggak bisa melakukan aktivitas lain karena bayi menjadi rewel.

Biasanya setiap bayi memiliki masing-masing cara agar dapat tidur dengan nyaman salah satunya adalah suasana kamar. Suasana kamar juga perlu diperhatikan pencahayaannya. Namun, yang masih menjadi pertanyaan apakah lebih baik menidurkan bayi dalam keadaan lampu kamar menyala atau mati?

Melansir dari berbagai sumber,  bayi yang tidur di ruangan gelap atau dengan cahaya yang redup akan membantu proses pertumbuhan bayi. Saat malam hari, tubuh bayi akan memproduksi hormon melatonin yang bermanfaat mengatur siklus tidur. Jika hormon melatonin tersebut diproduksi secara maksimal maka bayi akan memiliki siklus tidur dan pertumbuhan yang lebih baik. Inilah yang menjadi alasan kenapa lebih disarankan bagi bayi untuk tidur di ruangan yang gelap.

Jika bayi tidur di ruangan yang terang akan membuat bayi susah tidur. Sama halnya dengan orang dewasa yang tidur dalam ruangan terang akan lebih enggak nyenyak. Bayi juga akan mengalami hal yang sama. 

Baca Juga: Bahaya! Virus Sakit Dingin Bisa Rusak Otak Bayi dalam Kandungan!