Menu

WHO Tetapkan Cacar Monyet Sebagai Kondisi Darurat Dunia, 5 Mitos Ini Malah Beredar di Masyarakat, Apa Saja?

15 Agustus 2022 17:00 WIB
WHO Tetapkan Cacar Monyet Sebagai Kondisi Darurat Dunia, 5 Mitos Ini Malah Beredar di Masyarakat, Apa Saja?

Ilustrasi Cacar Monyet. (iStockPhoto/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Virus Monkeypox alias cacar monyet telah ditetapkan WHO sebagai kondisi darurat kesehatan dunia. Pasalnya, virus ini semakin merebak di berbagai negara dan hingga kini masih terus meningkat.

Sayangnya, di tengah kasus cacar monyet yang semakin naik, beredar berbagai mitos di masyarakat. Moms wajib tahu mitos apa saja yang dimaksud agar tak terkecoh. Mitos-mitos tersebut, yaitu:

1. Cacar monyet adalah penyakit baru

Tak sedikit yang mengira kalau cacar monyet adalah oenyakit baru karena mulai terdengar di bulan Mei lalu. Padahal, cacar monyet sudah ditemukan sejak 1958. Artinya, penyakit ini sudah ada sejak lama.

2. Bisa tertular dari vaksin Covid-19

Sangat disayangkan, banyak orang yang percaya bahwa virus cacar monyet dtularkan dari vaksi Covid-19. Seorang ahli penyakit menular, Dokter Armand Balboni pun membantah dengan tegas bahwa vaksin Covi-19 tidak berkaitan dengan penyakit cacar monyet.

3. Bisa tertuular dari kolam renang

Mitos berikutnya yaitu cacar monyet bisa ditularkan dari kolam renang. Nmaun, hal ini tidaklah benar Moms, Cacar monyet tidak bisa menular melalui air, malainkan dari kontak kulit ke kulit.

Baca Juga: Viral Tes Keperawanan di Inggris, Sebenarnya Perlu Enggak Sih Tes Tersebut Dilakukan? Ini Jawaban WHO

Baca Juga: Waduh, WHO: Varian Baru Covid-19 Lebih Berbahaya dan Sulit Dikendalikan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari