Menu

4 Khasiat Konsumsi Bawang Putih Mentah, Coba Sekarang Yuk!

15 Agustus 2022 16:50 WIB
4 Khasiat Konsumsi Bawang Putih Mentah, Coba Sekarang Yuk!

Bawang putih. (Unsplash/Tijana Drndarski)

HerStory, Medan —

Selain sebagai pelezat masakan, bawang putih ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Bawang putih mengandung senyawa sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan dialil trisulfida.

Zat-zat sulfur yang ada di dalam bawang putih akan bereaksi dan membentuk allicin ketika dikunyah dalam keadaan mentah. Tak hanya itu, ada khasiat bawang putih lainnya, yaitu:

1. Menyehatkan jantung

Bawang putih juga memiliki potensi baik untuk mencegah risiko penyakit jantung. Sebelumnya bawang putih dinilai ampuh sebagai pengobatan tambahan dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang pada akhirnya mengurangi risiko aterosklerosis.

2. Menurunkan risiko kanker

Manfaat lain dari bawang putih yaitu dapat menurunkan  risiko kanker. Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, bukti penelitian menunjukkan kaitan antara konsumsi bawang putih rutin dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

Bawang putih dapat mengecilkan risiko terserang kanker perut ( lambung, usus besar, dan usus kecil), kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

Baca Juga: Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih? Begini Cara Pakainya!

Baca Juga: Bisa Buat Merawat Kulit Wajah, Ternyata Bawang Putih Ada Efek Sampingnya Juga! Waspada Ya...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.