Beauty, apakah kamu pernah terjebak dalam hubungan asmara yang tak sehat? Kebanyakan orang umumnya tak menyadari bahwa mereka sedang berada dalam hubungan tersebut.

Gaya pacaran jaman sekarang yang kekinian ditunjang oleh teknologi modern seperti media sosial. Namun bukannya bagus, hal ini justru malah mendatangkan banyak dampak buruknya, lho! Melansir dari womantalk, Jumat (2/10/2020) berikut gaya pacaran tak sehat.

1. Suka pamer kemesraan 

Ketika berada di tempat umum, menunjukkan kemesraan boleh-boleh saja. Namun, tetap ada batasan yang harus kamu dan pasanganmu terapkan. Hindari pamer kemesraan berlebihan alias PDA (Public Display Affection), yang membuat dunia seakan hanya milik berdua, seperti pelukan atau ciuman mesra di depan umum. Tentu, gaya pacaran ini akan membuat orang-orang di sekitarmu jadi resah, lho.

2. 'Surat-suratan' lewat media sosial

Sebelum ada media sosial, mungkin kamu dan pasangan masih bisa mengirimkan surat cinta, yang mengungkapkan isi hati. Namun, di era masa kini, surat-suratan tersebut sudah mulai berubah jadi surat lewat media sosial. Tak ada yang salah, tetapi mengumbar kemesraan atau kata-kata cinta lewat media sosial, justru akan menunjukkan rasa insecurity dari hubungan percintaan tersebut. Lebih baik surat-suratan secara tertulis di atas kertas dan simpan untuk kenangan kamu dan pasangan supaya saat membacanya lagi di masa depan, akan terasa lebih istimewa. 

3. Bertengkar lewat media sosial

Nah, ini gaya pacaran yang sebaiknya tak dilakukan. Pertengkaran kamu dan pasangan lebih baik menjadi rahasia berdua saja. Saat kamu mengungkapkan pertengkaran tersebut di media sosial, kadang bukan simpatik yang bisa kamu dapatkan tetapi justru cibiran. Saat kamu membuka ‘rahasia’ berdua pada umum, suatu saat nanti kamu akan menyesal, Tentu hal tersebut tak ada untungnya, bukan?

4. Pamer foto mesra

Biasanya, pamer foto mesra buat gaya pacaran masa kini masih dilakukan melalui media sosial. Umumnya, pamer foto mesra di Instagram untuk menunjukkan hubungan asmara yang kelihatannya bahagia, tetapi mungkin kenyataan sebenarnya nggak lho. Apalagi, kalau hubungan asmara kalian sudah berakhir, pasti ribet kan harus hapus semua foto kamu dan pasangan? Lebih baik simpan foto kemesraan tersebut hanya untuk kamu dan pasangan saja.

5. Unggah screenshot chat kamu dan pasangan di media sosial

Kemesraan di media sosial tak hanya melalui foto, kadang ada juga yang justru mengunggah screenshot chat mesra dengan pasangan dan diunggah melalui media sosial. Entah itu kata-kata mesra atau justru pertengkaran. Bukankah terasa berlebihan? Bila ada masalah atau hal-hal yang menyangkut hubungan kamu dan pasangan, lebih baik dibicarakan berdua ketimbang harus mengumbarnya untuk dilihat orang banyak. 

6. Berbagi password media sosial

Ketika masih pacaran, berbagai password media sosial dengan pasangan rasanya berlebihan. Apalagi, bila tujuannya hanya untuk memantau gerak-gerik pasangan. Kunci utama dalam hubungan percintaan yang sehat adalah rasa percaya. Jadi, kalau kamu kepo sama pasangan di media sosial, bisa jadi kamu dan pasangan tak punya rasa saling percaya satu sama lain. Ini bisa membuat hubungan asmara kalian tak sehat.

7. Pamer panggilan sayang

Baca Juga: Gaslighting: Ketika Pasanganmu Sering Bohong dan Kamu yang Minta Maaf

Setiap pasangan pasti memiliki panggilan sayang. Namun, kalau sudah berlebihan, seperti memanggil ‘papi-mami’ di saat masih pacaran, tentu akan membuat hubungan jadi tak baik. Lain halnya kalau kamu dan pasangan sudah menikah, tak ada salahnya memiliki panggilan sayang seperti itu.