Menu

Tampil Memukau di Upacara HUT RI ke-77, Simak 5 Fakta Menarik Baju Adat yang dipakai Hj Iriana, Simbol Kerajaan Penuh Makna

18 Agustus 2022 15:35 WIB
Tampil Memukau di Upacara HUT RI ke-77, Simak 5 Fakta Menarik Baju Adat yang dipakai Hj Iriana, Simbol Kerajaan Penuh Makna

Busana Iriana Jokowi Di Upacara HUT RI 77

HerStory, Jakarta —

Seolah sudah menjadi tradisi tiap tahun, semenjak Joko Widodo menjabat sebagai Presiden RI, tak pernah absen mengenakan busana adat khas Indonesia setiap tahunnya dalam momentum hari kemerdekaan RI, tepatnya setiap 17 Agustus.

Mendampingi Presiden Joko Widodo, ibu Hj. Iriana juga tak kalah aksi dengan gaya busana adat yang dikenakannya.

Tahun ini yaitu tepatnya 2022 yang mana HUT RI ke-77 tahun, ibu Iriana tampak menawan dengan mengenakan baju adat buton asal Sulawesi Tenggara.

Ibu Iriana menggunakan pakaian adat tersebut yang terdiri dari atasan, rompi, selendang, kain panjang bermotif yang digunakan sebagai bawahan dan hiasan kepala dengan aksen emas yang mempercantik tampilan dari Ibu Iriana tersebut.

Lantas, apa saja fakta menarik dari baju adat Buton yang digunakan oleh Ibu Iriana? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Selaras dengan Presiden Joko Widodo

Pakaian yang digunakan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaras dengan pakaian yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo. 

Nampak Presiden Joko Widodo jua mengenakan baju Dolomani dari Buton. 

Namun, pakaian adat yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo didominasi warna merah.

Karena seperti diketahui bahwa setiap tahunnya, Presiden Joko Widodo kerap menggunakan pakaian adat dalam upacara detik-detik Kemerdekaan RI.

2. Baju Adat Buton Menjadi Baju Adat yang Unik

Menyadur dari buku Corak dan Bentuk Pakaian Adat Buton Kota Baubau yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, pakaian adat Buton merupakan pakaian adat yang unik dan beragam.

Hal tersebut dikarenakan pakaian tersebut tidak ada samanya dengan pakaian adat yang ada di daerah lain di Indonesia, atau bahkan di dunia.

Keunikan dari pakaian adat tersebut terlihat dari corak, bentuk, ragam, serta penggunaan masing-masing pakaian adat tersebut.

3. Cerminan Kerajaan Buton

Adanya keragaman bentuk dan ragam pakaian adat Buton sendiri tidak terlepas dari keragaman latar belakang sosial budaya masyarakat Buton, terkhusus para pendiri awal Kerajaan Buton yang juga mencerminkan sistem golongan sosial dalam masyarakatnya.

Sebagai informasi, kerajaan Buton sendiri didirikan oleh sekelompok orang yang berasal dari latar belakang suku dan etnis yang berbeda, yaitu Dungkucangia yang berasal dari Tiongkok-Mongol, Mia Patamiana dari Melayu, Wa Kaa Kaa dari Jawa-Mongol dan Sibatara dari Jawa.

4. Detail Baju Adat Buton yang Dikenakan Ibu Iriana

Pakaian adat Buton yang dikenakan oleh Ibu Iriana terdiri dari beberapa bagian. Ibu Iriana menggunakan atasan yang disebut sebagai baju Kombo, pakaian adat kebesaran bagi para wanita Buton.

Ciri khas dan baju Kombo adalah benang-benang berwarna dari benang emas atau benang perak, dan beragam hiasan lain baik dari emas, perak atau kuningan.

Selain itu, Ibu Iriana memakai bawahan sarung yang dalam busana pengantin adat Buton disebut sebagai Bia Ogena.

Bawahan sarung tersebut merupakan gabungan warna polos secara bertingkat-tingkat yang menjadi pasangan baju Kombo.

Ibu Iriana juga menggunakan pelengkap dari busana adat Buton yang dikenakannya, ibu Iriana menggunakan gelang emas yang disebut dengan Simbi.

Ibu Iriana juga menggunakan pengikat tangan yang disebut dengan Kaboneka Lima. Pengikat tersebut melambangkan silaturahmi.

5. Hiasan Kepala Ibu Iriana

Tidak hanya baju yang digunakan oleh ibu Iriana, penutup kepala atau hiasan kepala yang digunakan oleh ibu Iriana juga berhasil mencuri perhatian masyarakat. 

Penutup kepala ibu Iriana tersebut disebut dengan Tipolo dalam adat Buton.

Ciri khas Tipolo sendiri terbuat dari kain beludru dan menutupi telinga. Ada juga gulu-gulu yaitu gulungan di bagian atas kepala dan ukuran poni di dahi dan bunga ija.

Baca Juga: Menurut Survei, Iriana Jokowi Masuk Salah Satu Capres Terkuat 2024!

Baca Juga: Istri Jokowi Jadi Sorotan Saat Bajak Sawah di NTT, Gak Nyangka...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Yolanda Bonnita