Aktris pendatang baru Iman Vellani telah terpilih untuk memerankan karakter Ms.Marvel dalam serial Disney+ terbaru. Vellani mendadak jadi sorotan karena perannya sebagai superhero muslim pertama di Marvel Cinematic Universe. 

Merangkum dari berbagai sumber, Senin (5/10/2020). Vellani akan berperan sebagai Kamala Khan yang merupakan keturunan Pakistan. Kamala adalah seorang remaja Muslim berusia 16 tahun yang tinggal di Jersey City, New Jersey dan mengagumi pahlawan super Captain Marvel.

Kamala Khan memiliki kemampuan untuk mengubah bentuk dan ukuran tubuh. Ia juga seorang gadis yang idealis dan berharap untuk bisa untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dengan kekuatannya.

Adil El Arbi, Bilall Fallah, Sharmeen Obaid-Chinoy, dan Meera Menon telah dipilih untuk menyutradarai serial TV tersebut.

Kamala Khan dibuat oleh Sana Amanat, Stephen Wacker, G, Willow Wilson dan Adran Alphona. Tokoh ini pertama kali muncul di komik Captain Marvel #14 di tahun 2013. 

Sana Amanat mengungkapkan, tokoh yang ia ciptakan tak sekadar sosok superhero. Baginya, karakter Kamala Khan sangat relevan sehingga semua orang bisa merasa terhubung dengan tokoh tersebut. Ia bercerita, Kamala Khan adalah pribadi yang ceria dan humoris, namun di satu sisi ia juga canggung.

Menariknya, dibuatnya Kamala Khan atau Ms. Marvel turut melengkapi keberagaman dari para tokoh pahlawan super garapan Marvel. Ia bukan hanya digambarkan sebagai tokoh blasteran, namun juga seorang Muslim.

"Sebenarnya kami tak fokus bicara soal agama atau budaya di sini, tapi kami berusaha juga menokohkan mereka yang dianggap minoritas, karena cerita superhero adalah metafor dari kehidupan nyata," jelas Sana Amanat mengenai karakter tersebut saat diwawancara pada 2017 lalu. 

Ms. Marvel akan menjadi proyek film Holywood pertama Iman Vellani. Setelah dikonfirmasi akan memerankan karakter superhero muslim tersebut, Vellani langsung banjir dukungan.

Kumail Nanjiani aktor pemeran 'The Big Sick' dan 'Silicon Valley' memberikan ucapan selamatnya di kepada Vellani di twitter.

"Selamat Iman Vellani! Usahamu akan sangat berarti bagi banyak orang, termasuk saya. Saya tidak sabar," lanjutnya.

Organisasi hak sipil Muslim Advocates juga memberi dukungan di twitter bahwa mereka sangat siap untuk Iman Vellani menjadi yang pertama dari banyak pahlawan Muslim di layar lebar.

Sebelumnya ada beberapa nama yang disebut akan memerankan tokoh Ms Marvel, salah satunya adalah puteri dari Shah Rukh Khan yakni Suhana Khan.