Menu

Jangan Bandel, Ya! 3 Makanan ‘Haram’ Penderita Penyakit Jantung

19 Agustus 2022 14:55 WIB
Jangan Bandel, Ya! 3 Makanan ‘Haram’ Penderita Penyakit Jantung

Ilustrasi serangan jantung. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Medan —

Penyakit jantung merupakan kondisi yang berbahaya sebab dapat menyebabkan komplikasi parah hingga mengancam nyawa. Oleh karena itu, penderita harus mendapatkan perawatan dokter bahkan mengonsumsi obat-obatan tertentu jika dibutuhkan.

Salah satu cara untuk menghindari kambuhnya penyakit jantung adalah dengan mengontrol asupan makanan. Pasalnya ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita sebab dapat memperparah penyakit jantung.

Lalu, apa saja makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit jantung? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah Herstory rangkum berikut ini, Beauty!

1. Makanan tinggi lemak dan kolesterol

Penyebab penyakit jantung paling umum adalah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah arteri oleh plak. Plak pada arteri terbentuk oleh lemak dan kolesterol makanan. Oleh karena itu, jenis makanan ini sebaiknya dihindari untuk tak memperparah penyakit jantung.

2. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis, kornet, atau daging asap biasanya sudah melalui proses pengawetan. Bahan yang biasa digunakan adalah nitrit dan garam yang mana dapat meningkatkan tekanan darah dan mengurangi aliran darah kaya nutrisi ke jantung. Pembuluh darah arteri berisiko rusak hingga menyebabkan serangan jantung atau stroke.

3. Makanan tinggi gula

Selain makanan yang tinggi garam, kadar gula pada makanan juga memengaruhi kondisi penderita penyakit jantung. Pasalnya, penderita harus mengontrol berat badannya, gak boleh terlalu gendut atau kurus. Oleh karena itu, hindarilah makanan dengan gula tinggi sebab dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebih.

Baca Juga: Bagi Penderita Penyakit Jantung Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Virus Corona, Waspada Ya!

Baca Juga: Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.