Menu

Risiko Kerusakan Ginjal Mengancam! dr. Zaidul Akbar Tegaskan Buat Stop Kebiasaan Ini

19 Agustus 2022 16:05 WIB
Risiko Kerusakan Ginjal Mengancam! dr. Zaidul Akbar Tegaskan Buat Stop Kebiasaan Ini

ilustrasi air putih dingin (Pinterest/Edited By HerStory)

HerStory, Medan —

Ginjal merupakan salah satu organ penting tubuh sebab berperan dalam menyaring racun yang masuk. Setelah berhasil disaring, racun kemudian dikeluarkan melalui urine. 

Oleh karena itu, kesehatan ginjal harus selalu dijaga. Salah satu cara menjaganya menurut dr. Zaidul Akbar adalah dengan berhenti melakukan kebiasaan buruk saat makan.

Ia menjelaskan bahwa kebiasaan makan yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal adalah minum es. Pada dasarnya tubuh memiliki Termoregulasi atau pengatur suhu tubuh inti yang dapat menyesuaikan suhu yang masuk ke tubuh.

Air es yang masuk ke dalam tubuh akan melalui kerongkongan, lambung, usus halus, lalu diserap oleh vena portal ginjal sebelum sampai organ inti tersebut. Saat inilah, Termoregulasi akan bekerja untuk menyesuaikan suhu yang masuk.

Menurut dr. Zaidul Akbar jika keseringan minum es setelah makan lama-kelamaan akan berpengaruh pada ginjal. Oleh karena itu, ia menyarankan untuk minum air putih dalam suhu normal 15 hingga 30 menit sebelum makan.

Dengan begitu, kamu dapat menekan nafsu makan berlebih yang juga menjadi penyebab penyakit. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi air es saat makan, ya.

Baca Juga: Tanpa Bahan Kimia, Ini Cara Hempaskan Asam Urat Ala Dokter Zaidul Akbar

Baca Juga: Dokter Zaidul Akbar Beber Tips Kecilkan Perut Buncit Dalam 7 Hari

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.