Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, menulis surat terbuka usai heboh setelah Omnibus Law UU Cipta Kerja (Ciptaker) disahkan oleh DPR. Undang-undang yang telah menjadi kontroversial sejak awal ini, disahkan oleh parlemen pada, Senin (5/10/2020) kemarin. Sontak hal ini mendapat respon negatif dari banyak pihak, terutama organisasi buruh.

Bahkan, kabarnya akan dilakukan pemogokan kerja secara nasional hari ini sebagai bentuk penolakan terhadap UU Ciptaker tersebut. Lewat Instagram resmi, @kemnaker, Ida Fauziyah menuliskan surat terbuka yang ditujukan untuk para buruh dengan judul "Hati Saya Bersama Mereka yang Bekerja dan Masih Menganggur".

Dalam isi surat tersebut, Ida menuliskan kalau sejak awal 2020 pihaknya telah melakukan dialog terbuka dengan para buruh mengenai RUU Ciptaker. Semua aspirasi atau masukan dari para buruh pun sudah diakomodasikan dalam RUU tersebut. Enggak cuma dari para buruh saja, pihaknya juga menerima aspirasi dari berbagai kalangan.

"Saya berupaya mencari titik keseimbangan. Antara melindungi yang telah bekerja dan memberi kesempatan kerja pada jutaan orang yang masih menganggur, yang tak punya penghasilan dan kebanggaan. Tidak mudah memang, tapi kami perjuangkan dengan sebaik-baiknya," isi surat tersebut seperti dikutip, Selasa (6/10/2020).

Baca Juga: Ada yang Sindir DPR Pengkhianat, Ini Deretan Artis yang Tolak UU Cipta Kerja!