Kehamilan menjadi momen yang sangat mengubah kehidupan perempuan. Enggak hanya bentuk tubuh dan rutinitas, kehamilan membuat kondisi kulit menjadi ikut berubah.

Ada beberapa masalah kulit yang seringkali terjadi di masa kehamilan. Ada apa aja ya? Melansir dari berbagai sumber, ini masalah kulit yang sering dialami oleh ibu hamil! Yuk, Moms dicek!

1. Jerawat

Saat hamil, hormon Moms juga akan berubah sehingga membuat jerawat muncul. Hormon akan mengalami perubahan layaknya masih remaja yang menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Tenang aja, Moms! Ada cara mengatasinya kok. Jangan memencet jerawat dan rutinlah mencuci wajah. Gunakan uap untuk membersihkan uap dan konsultasikan ke dokter. Jangan asal menggunakan krim anti jerawat ya, Moms! Hindari krim jerawat yang mengandung retinol-A karena sangat berbahaya bagi ibu hamil.

2. Sensitif terhadap matahari

Saat hamil, lebih baik Mom menghindari dari paparan sinar matahari langsung, ya, Moms! Hal ini dikarenakan terpapar sinar matahari akan membuat bercak-bercak gelap pada kulit apalagi hormon Moms sedang dalam kondisi naik-turun. 

Disarankan untuk menggunakan sunscreen atau sunblock dengan SPF minimal 30 di bagian wajah dan tubuh jika ingin keluar rumah. Perlu diingat, gunakan sunscreen yang cocok untuk ibu hamil.

3. Stretchmarks

Stretchmarks menjadi salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh ibu hamil. Disaat janin semakin bertambah besar, maka kulit Moms juga akan melebar sehingga menimbulkan stretcmarks. Cara mencegah munculnya stretchmarks ini adalah gunakan pelembab pada perut, payudara, pinggul dan paha sesering mungkin.

Baca Juga: Emma Roberts Memblokir Kontak Ibunya, Ada Apa Ya?