ASI atau Air Susu Ibu merupakan asupan nutrisi dan gizi yang paling penting untuk bayi terutama bayi yang baru lahir. Karena menjadi hal yang paling penting, Moms perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh demi kelancaran produksi ASI selama masa menyusui.

Nggak hanya dipengaruhi oleh nutrisi yang masuk ke dalam tubuh,hal lainnya seperti kualitas istirahat, kesehatan psikis ibu dan kebiasaan bayi menyusu juga dapat mempengaruhi produksi ASI. Bayi yang jarang menyusu atau hanya menyusu di satu payudara akan berpengaruh besar terhadap produksi ASI yang dihasilkan para Moms.

Melansir dari laman parents.com, produksi ASI yang nggak lancar dan perbedaan produksi ASI antara payudara kiri dengan payudara kanan kerapkali membuat Moms merasa cemas. Lalu, normalkah hal ini terjadi?

Nyatanya Moms nggak perlu khawatir ketika menyadari bahwa produksi ASI di payudara kiri dan kanan berbeda atau nggak sama. Produksi ASI yang berbeda merupakan sesuatu yang normal terjadi. Umumnya, hal ini disebabkan karena intensitas menyusui biasanya dilakukan di satu sisi saja. Inilah yang kemudian membuat satu payudara lebih banyak produksi ASInya.

Baca Juga: Moms, Menyusui Bisa Turunkan Risiko Kanker Ovarium, Lho! Begini Kata Ahli!

Untuk dapat meningkatkan produksi ASI, Moms bisa mulai menyusui secara bergantian di payudara kiri dan kanan, jika bayi hanya mau menyusu di satu sisi payudara usahakan untuk memompa satu sisi payudara lainnya.