Kehidupan pernikahan tentunya punya masalah dan tantangan tersendiri yang harus dihadapi berdua. Banyak orang bilang, bahwa hidup akan lebih bahagia jika sudah menikah. Nyatanya, hal tersebut belum tentu benar.

Meski demikian, kamu dan suami sebaiknya tak membiarkan konflik rumah tangga terjadi berlarut-larut. Hal ini bisa memicu stres dan bikin hubunganmu dan suami tak harmonis lagi. Melansir dari halodoc, Kamis (8/10/2020) begini tips atasi stres dalam kehidupan pernikahan.

1. Jaga Komunikasi Tetap Terbuka dengan Pasangan

Dalam keadaan stres, kebanyakan orang cenderung menyembunyikan perasaannya dan memendamnya dalam-dalam. Namun, cara tersebut tak baik. Pasangan suami istri harus saling terbuka satu sama lain dan membicarakan segala sesuatunya dengan jujur. 

Bicarakanlah pendapat atau apapun yang ada di pikiran kamu tentang segala sesuatu dengan suami, baik itu hal yang buruk, baik, maupun parah. Dengarkanlah apapun yang pasangan kamu katakan dengan sikap yang menerima. Berusahalah untuk menjadi teman terbaik bagi suami dengan mendukungnya tanpa syarat dan kepercayaan yang penuh serta kejujuran.

2. Atasi Masalah Keuangan dengan Kerja Sama dan Komunikasi Terbuka

Dalam menghadapi semua tantangan finansial, diperlukan kerja sama dan komunikasi yang seterbuka mungkin. Katanya, pasangan suami istri yang saling mencintai akan saling mendukung baik di saat dompet tebal maupun tipis.

Selalu bicarakan dengan jujur dan transparan tentang kondisi keuangan saat ini pada pasangan, baik itu utang, tagihan yang harus dibayar, dan lain-lain. Tentukan dan susun anggaran keuangan bersama-sama dengan pasangan. Jangan pernah membeli sesuatu yang sangat mahal tanpa membicarakannya terlebih dulu dengan suami.

Baca Juga: Beauty Waspada, Ini Usia Pernikahan yang Rentan Mengalami Perselingkuhan!