Ketika anak kehilangan konsentrasi atau fokusnya dalam belajar, tentu bikin kamu khawatir bukan, Moms? Alih-alih membujuknya untuk kembali fokus dalam belajar, kamu harus mengetahui lebih dulu penyebab di balik hilangnya konsentrasi si kecil tersebut. Bisa jadi penyebab hilangnya konsentrasi si kecil ini sering kamu enggak sadari lho, Moms.

Apalagi, di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Di mana mengharuskan anak belajar secara daring, tanpa adanya tatap muka secara langsung dengan guru dan juga teman-temannya di sekolah. 

Rasa bosan yang menghampiri si kecil, bisa menjadi salah satu penyebab konsentrasinya menurun sehingga enggak fokus dalam belajarnya. Enggak cuma itu, masih banyak penyebab lain yang membuat si kecil enggak fokus dalam belajar.

Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/10/2020), berikut lima di antaranya.

Tugas yang diberikan terlalu berat

Penyebab pertama anak enggak fokus dalam belajarnya ialah tugas yang diberikan terlalu berat. Kalau si kecil merasa tugas-tugas sekolahnya itu sulit dikerjakan, ia enggak bisa berkonsentrasi dengan baik.

Moms, kamu bisa membantunya dengan cara membagi tugas-tugas besar itu menjadi tugas kecil yang tampak lebih sederhana untuk dikerjakan. Atau ajarkan kebiasaan untuk mengerjakan tugas yang dianggapnya mudah terlebih dahulu.

Baca Juga: Waduh! Ternyata 4 Jenis Gangguan Miss V Ini Sering Terjadi pada Ibu Hamil Lho, Moms Sudah Tahu?