Susu kedelai atau susu soya sering dijadikan pengganti jika si kecil enggak bisa minum susu sapi karena alergi tertentu. Namun, ada bahayanya enggak ya kalau susu kedelai diminum oleh si kecil?

Melansir dari The Asian Parents (9/10/2020), susu sapi dan susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Susu sapi segar memiliki lemak sebanyak 8 gram sedangkan susu kedelai hanya 4 gram saja. Protein yang dimiliki oleh susu sapi juga lebih tinggi yaitu 8 gram sedangkan protein susu kedelai hanya 7 gram.

Enggak hanya itu saja, kalori yang dimiliki oleh susu kedelai lebih rendah yaitu hanya 100 kalori. Berbeda dengan susu sapi yang mengandung 146 kalori.

Kalsium yang terkandung dalam susu kedelai juga lebih rendah dibandingkan kalsium yang ada pada susu sapi. Selain itu juga, Susu kedelai enggak mengandung vitamin B12 yang ada pada susu sapi.

jika Moms ingin memberikan si kecil kalsium yang tinggi, susu kedelai kurang direkomendasikan. Hal ini karena susu kedelai mengandung senyawa phytates yang biasanya dibutuhkan dalam kacang untuk perkecambahan.

Phytates ini memiliki sifat yang dapat menurunkan penyerapan kalsium. Hal ini menyebabkan penyerapan kalsium dalam tubuh si kecil enggak maksimal. Akibatnya perkembangan tulang, gigi, hormon, otot, dan sistem saraf si kecil menjadi terganggu.

Baca Juga: Bisa Buat Anak Makin Cerdas, Ini 5 Permainan yang Dapat Mengasah Otak Anak!