Kehamilan menjadi momen paling membahagiakan yang dirasakan oleh para ibu hamil. Saat sedang mengandung Moms tentu akan menjaga sang janin dengan sepenuh hati serta memperhatikan berbagai kandungan gizi janin tersebut. 

Namun tahukah Moms, jika terdapat salah satu hal yang perlu Moms waspadai ketika sedang mengandung. Ya, Hamil anggur. Hamil anggur adalah kondisi kehamilan yang tidak normal, dimana perkembangan sel telur yang menjadi cikal bakal janin terhenti. Kehamilan ini bahkan bisa terjadi tanpa janin sama sekali. Hamil anggur terjadi ketika sperma membuahi sel telur yang kosong sehingga tak ada embrio, tetapi hanya terdapat plasenta di dalam rahim.

Melansir dari laman haibunda.com, Sabtu (10/10/2020) Menurut Dr. John Schorge, Kepala Ginekologi dan Onkologi di Massachusetts General Hospital di Boston, banyak wanita yang didiagnosis dengan hamil anggur, namun enggak menyadarinya. Dalam istilah medis, hamil anggur disebut juga dengan istilah mola hidatidosa, yang merupakan salah satu kelainan dari kehamilan. Hamil anggur ditandai dengan perkembangan embrionik yang abnormal.

Di samping itu, kehamilan ini juga berisiko memiliki komplikasi kesehatan yang menakutkan. Sehingga, diharuskannya pemantauan secara berkala.

Hamil anggur terjadi karena sel telur yang dibuahi secara enggak normal. Penyebab hamil anggur pun belum diketahui secara pasti, namun beberapa ahli menduga akibat rendahnya asupan protein, asam folat, dan karoten.

Baca Juga: Bahaya! Beberapa Penyakit Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kematian Pada Ibu Hamil Lho

Selain itu, wanita yang sedikit lebih berisiko mengalami hamil anggur adalah mereka yang berusia di atas 40 tahun atau mereka yang berusia di bawah 20 tahun, dan bisa mengalami beberapa kali keguguran.