Memiliki peliharaan di rumah memang sangat menyenangkan, ya, Moms! Belum lagi dengan tingkah lucunya yang membuat gemas. Memelihara hewan peliharaan khususnya anjing ternyata memiliki manfaat lho untuk anak.

Sifat anjing yang penurut dan setia dapat menjadi lebih mudah dekat dengan si kecil. Untuk tahu lebih jauh apa saja manfaat memelihara anjing bagi anak, yuk simak artikel berikut ini!

1. Anak lebih bertanggung jawab

Sebuah penelitian menemukan bahwa keluarga yang memiliki anjing dapat membantu si kecil ikut ambil bagian untuk merawat anjing. Si kecil akan merasa bahwa ia berguna untuk merawat peliharaannya misalnya memberi anjing makan dan membawa anjing jalan-jalan. Hal inilah yang akan membangun rasa tanggung jawab si kecil.

2. Dapat merasakan cinta dan lebih setia

Anjing memang dikenal dengan hewan yang setia dan penurut. Dari sifat anjing ini, si kecil akan belajar bagaimana anjing berperilaku sehingga anak juga akan mengerti akan cara mencintai dan memiliki rasa setia yang tinggi terhadap orang lain.

3. Memiliki rasa empati

Memelihara anjing memang selalu memberikan rasa bahagia, ya, Moms! Anak akan mulai menyayangi si kecil dan tentunya akan sangat sedih jika kehilangan hewan yang ia sayangi. Rasa kehilangan ini dapat melatih rasa empati anak dan mengatasi rasa sedih kehilangan teman bermain yang ia sayangi.

Baca Juga: Unik Sekaligus Aneh, Ini Dia Fobia Unik yang Bisa Dialami Si Kecil!