Setiap orangtua tentunya ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. Sayangnya, biaya pendidikan di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan.

Moms tentunya ingin memastikan, dana pendidikan anak terpenuhi dengan baik dan siap pada waktunya. Namun, menyiapkan dana pendidikan bukan berarti orangtua harus mengorbankan kebutuhan lainnya seperti dana pensiun, aset aktif hingga dana modal usaha. Melansir dari laman schoolofparenting.id, Senin (12/10/2020) hindari 5 kesalahan berikut ini saat menyiapkan dana pendidikan anak.

1. Terlambat Menabung

Kesalahan pertama yang banyak dilakukan para orangtua adalah terlambat menyiapkan dana anak. Kita tentu tahu bahwa dana pendidikan adalah tujuan finansial yang mempunyai jangka waktu tertentu dan tak dapat ditunda. Semakin besar usia anak, waktu yang kita siapkan untuk menyiapkan dana pendidikan anak akan semakin berkurang. Oleh karenanya, siapkan sejak awal. Dengan begitu, Moms bisa memaksimalkan dana pendidikan anak.

2. Menggunakan Referensi Dana Pendidikan Jadul

Tak sedikit orangtua yang masih menjadikan pengalaman pribadinya sebagai referensi untuk mendidik anak. Hal ini memang tak salah. Akan tetapi, berkaitan dengan masalah finansial, referensi jaman dahulu atau jadul bisa jadi sudah tak sesuai dengan realitas sekarang karena pengaruh inflasi. Tiap tahun, kebutuhan pokok selalu ada kenaikan. Jika Moms hanya berpacu pada referensi jadul, dana yang sudah disiapkan mungkin tak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan pendidikan si kecil. Kebutuhan anak hari ini juga berbeda dengan 10 tahun lalu misalnya,apalagi bila dibandingkan dengan jaman ketika orang tua sekolah. Hal ini bukan berarti harus mewah atau berlebihan saat merencanakan kebutuhan pendidikan anak, sesuaikan saja dengan yang umum.

Baca Juga: Moms, Masak di Dapur Seharian? Begini Tips Ampuh Hilangkan Bau Bawang yang Nempel di Tangan