Menu

5 Perubahan Vagina Setelah Memasuki Masa Menopause, Wajib Tahu Moms

01 September 2022 13:35 WIB
5 Perubahan Vagina Setelah Memasuki Masa Menopause, Wajib Tahu Moms

Ilustrasi organ reproduksi wanita. (Google/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Wanita yang memasuki usia 45 hingga 55 tahun umumnya akan mengalami gejala menopause. Tak sebatas pada terhentinya haid, menopause juga akan ditandai dengan berbagai hal, termasuk salah satunya perubahan vagina.

Lalu, apa saja perubahan yang dapat terjadi pada vagina setelah memasuki masa menopause? Simak penjelasan berikut ini!

1. Vagina kering dan sering gatal

Hormon estrogen yang tugasnya membantu melumasi dinding vagina, menjadi jauh berkurang saat menopause, menyebabkan vagina terasa jauh lebih kering. Penipisan dan pengeringan dinding vagina ini dikenal sebagai atrofi vagina, dan dapat menyebabkan gejala lain, termasuk gatal dan rasa terbakar pada vagina.

2. Cenderung berdarah saat berhubungan seks

Karena kulit di daerah vagina menjadi lebih tipis setelah menopause, robek dan perdarahan saat berhubungan seks dapat terjadi. Solusinya, Moms dapat menggunakan pelumas sebelum berhubungan seks untuk mengurangi kekeringan pada dinding vagina.

3. Ukuran vagina menyusut

Frekuensi hubungan seks yang berkurang setelah menopause dapat memengaruhi ukuran vagina. Ya, vagina terdiri dari jaringan otot, dan seperti otot lainnya, jika tidak sering digunakan dapat menyusut dan kehilangan volumenya.

4. Lebih berisiko alami ISK

Tingkat estrogen yang lebih rendah tidak hanya menyebabkan lapisan vagina menjadi lebih tipis dan lebih kering, tetapi juga dapat menyebabkan lapisan saluran kemih kehilangan volume. Hal ini dapat menyebabkan infeksi vagina dan saluran kemih.

5. Vagina jadi lebih bau

Kadar pH vagina menjadi sedikit lebih basa akibat penurunan kadar hormon estrogen setelah menopause. Hal ini menyebabkan Moms mudah mengalami keputihan yang berbau dan berair. 

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Penelitian: Olahraga Teratur Dapat Mengurangi Risiko Berat Badan Naik saat Menopause

Baca Juga: Waduh! Wanita yang Menopause Dini Berisiko Alami Penyakit Jantung

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.