Moms, pernah enggak denger kalo bayi yang baru lahir enggak boleh potong kuku selama 40 hari? Banyak yang mengatakan ini mitos dan banyak pula yang percaya dengan informasi ini. 

Apalagi biasanya informasi ini diberikan oleh orang yang lebih tua sehingga mau enggak mau Moms harus mengikutinya. Tapi, kalau dipikir-pikir lagi, bener enggak ya bayi baru lahir enggak boleh gunting kuku selama 40 hari? 

Secara ilmiah, enggak ada larangan menggunting kuku bayi jika usianya belum genap 40 hari. Bahkan lebih disarankan untuk menggunting kuku si bayi jika kukunya sudah panjang. Kuku yang panjang akan melukai kulit bayi yang baru lahir karena kulit mereka masih sangat lembut dan sensitif. Apalagi jika kukunya mengenai wajah si bayi. Duh, pasti perih banget! Bahkan, luka akibat kuku si bayi bisa membekas sampai dewasa, lho! 

Oleh karena itu, menggunting kuku bayi itu sangat perlu ya, Moms! Karena secara medis sama sekali enggak ada masalah menggunting kuku bayi yang baru lahir. Namun, teknik mengguntingnya harus diperhatikan juga, Moms!

Jika salah menggunting akan memberikan luka pada si bayi. Kulit bayi sangat rentan terhadap infeksi sehingga lebih disarankan untuk menggunakan gunting kuku khusus bayi.

Baca Juga: Moms, Bayi Rewel Karena Sariawan? Berikut Cara Alami Mengatasinya