Menu

Penelitian: Masker Bahan Sutra Lebih Efektif Tangkal Virus Corona

Nada Saffana
12 Oktober 2020 17:30 WIB
Penelitian: Masker Bahan Sutra Lebih Efektif Tangkal Virus Corona

Pekerja menyelesaikan pembuatan masker berbahan kain batik di Butik Elemwe, Rawamangun, Jakarta, Jumat (2/10/2020). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj)

HerStory, Jakarta —

Masker jadi salah satu protokol kesehatan yang wajib digunakan guna menekan penyebaran virus corona. Tak mesti masker medis, para ahli kesehatan juga melihat bahwa masker kain bisa mengurangi risiko terpapar infeksi COVID-19. Namun, jangan gunakan sembarang kain ya!

Para peneliti di Universitas Cincinnati (UC) melakukan penelitian mengenai masker kain. Hasilnya menunjukkan bahwa masker kain berbahan sutra lebih efektif mencegah penularan virus corona dibandingkan dengan bahan katun dan polyester.

"Masker wajah dari sutra nyaman, bisa membuat napas lega, dan tak mudah lembap. Ini merupakan sifat yang diinginkan dalam memerangi virus di udara. Sutra mengandung sifat antimikroba, antibakteri dan antivirus alami yang dapat membantu menangkal virus" kata penelitian yang diterbitkan di jurnal PLOS One.

Patrick Guerra, ahli entomologi dan asisten profesor biologi di Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan UC, mengatakan bahwa bahan sutra mengandung tembaga. Dalam hal ini, tembaga dapat membunuh virus dan bakteri saat bergesekan dengan masker sutra.

Share Artikel: