Luka memang enggak bisa dihindari ya, Moms. Apalagi menjadi ibu rumah tangga. Saat memasak seperti menggoreng sesuatu, seringkali percikan minyak tersebut mengenai permukaan kulit. Duh, perih banget ya, Moms!!

Luka bakar akibat terkena minyak panas tersebut dapat meninggalkan bekas luka, lho! jadi kulit enggak mulus lagi deh! Namun, tenang aja, Moms! Jika dirawat dengan maksimal, luka bakar akan lebih cepat sembuh dan enggak akan meninggalkan bekas luka. Untuk itu, HerStory sudah menyiapkan tips merawat luka bakar dari dokter spesialis luka, dr. Adisaputra Ramadhinara . Yuk, dicek artikelnya, Moms!

1. Bersihkan dengan air mengalir selama 15 menit

Saat kulit sudah bersentuhan dengan minyak panas, segeralah mencuci permukaan kulit menggunakan air mengalir. Cara ini agar kulit enggak langsung terluka serta mendinginkan kulit dari minyak yang panas. Dalam acara Hansaplast First Aid Conference pada Senin (12/10/2020), dr. Adi menganjurkan untuk mencuci luka di air mengalir selama 15 -30 menit atau hingga rasa panas menghilang.

2. Gunakan antiseptik

Setelah mencuci luka bakar dengan air, Moms bisa menggunakan antiseptik untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada pada luka bakar. Hansaplast antiseptik spray bisa jadi pilihan untuk, Moms. Dijamin enggak akan buat luka jadi nambah perih dan penyembuhan lebih cepat.

3. Gunakan salep

Setelah menggunakan antiseptik, gunakanlah salep khusus luka agar luka tetap lembab. Jika luka bakar berwarna hitam artinya luka tersebut sudah mengering sehingga menggunakan salep luka sangat disarankan. Namun, jika luka masih terlihat merah, enggak menggunakan salep luka juga enggak masalah. Tapi, enggak salah juga untuk tetap menggunakan salep luka. Moms bisa mendapatkan salep luka ini dari produk hansaplast salep luka.

4.Tutup luka menggunakan plester

Langkah terakhir ini jangan pernah dilewatkan ya, Moms. Beberapa orang beranggapan bahwa luka harus dibiarkan terbuka agar lebih cepat kering dan sembuh. Namun, ternyata itu semua hanyalah mitos! Lebih dianjurkan untuk menutup luka menggunakan plester agar bakteri enggak mudah masuk dan lebih mempercepat proses penyembuhan. Jangan lupa untuk rutin mengganti plester setelah mandi ya, Moms!

Baca Juga: Moms, Jangan Panik! Begini Penanganan Tepat untuk Obati Luka Bakar pada Anak

Nah, itu dia cara merawat luka bakar jika Moms terkena minyak panas. Semoga bermanfaat, ya Moms!