Moms, sebagai orang tua pasti sudah menjadi keinginan kita memiliki anak yang bisa tumbuh dengan sehat dan sempurna. Oleh karena itu, agar pertumbuhan anak sempurna, Moms harus memberikan gizi seimbang yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang buah hati. Salah satu asupan yang bisa Moms gunakan antara lain susu.

Belum semua Moms memahami bahwa mengonsumsi susu bagi anak-anak itu sangat penting, hal ini yang membuat beberapa orang tua enggak memberikan susu kepada anak mereka setelah lepas dari ASI eksklusif. Padahal, susu menjadi salah satu asupan yang penting untuk melengkapi gizi anak.

Hal ini disampaikan langsung oleh spesialis gizi klinis dr. Juwalita Surapsari, M, Gizi, Sp. GK dalam sebuah seminar daring. 

“Susu itu kalau dilihat dari makro nutrientnya adalah kaya akan protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh anak,” jelas dr Juwalita.

Selanjutnya, dr Juwalita menjelaskan bahwa memberikan susu menjadi sebuah cara yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi buah hati di atas usia dua tahun. Hal ini dikarenakan, susu memiliki banyak kandungan gizi yang beragam dan manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak.

“Memang cara yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi yang penting untuk anak adalah memberi susu, “ ungkapnya.

dr Juwalita mengatakan, anak usia di atas dua tahun sebaiknya mengonsumsi dua gelas susu setiap harinya untuk mendukung tumbuh kembang mereka, namun dengan catatan bahwa susu yang diberikan kepada anak bukanlah susu kental manis yang memiliki kalori tinggi.

“Idealnya anak di atas usia 2 tahun diberikan dua gelas susu perhari,” ujar dr Juwalita.

Meski begitu, dr Juwalita mengatakan bahwa bukan menjadi sebuah kewajiban jika anak usia di atas dua tahun harus terus meminum susu. Karena orang tua bisa mencoba untuk mengimbangi gizi anak dengan memberikan asupan yang lain, seperti sayur, buah, ikan, daging, dan nutrisi lainnya.

Baca Juga: Moms Perlu Tahu, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Si Kecil Super Cerdas Lho! Nomor 1 Favorit Sejak Lahir!

“Sebetulnya, anak di atas 2 tahun itu enggak wajib untuk meminum susu. jadi bisa diimbangi dengan asupan gizi dari sumber yang lain,” jelasnya.