Umumnya setiap orang pasti memiliki ketakutan terhadap sesuatu. Sama halnya dengan anak-anak yang juga memiliki rasa takut. Bahkan rasa takut itu bisa menjadi berlebihan atau dikenal dengan fobia.

Melansir dari Halodoc (13/10/2020), fobia merupakan gangguan kecemasan yang terjadi karena rasa takut berlebihan terhadap sesuatu. Fobia ini dapat terjadi karena si kecil mengalami kejadian traumatis, genetik, atau dampak dari imajinasi. Fobia juga banyak jenisnya, lho! Bahkan ada yang unik dan aneh. Penasaran apa aja fobia pada anak-anak? Yuk disimak artkelnya!

1. Ablutophobia atau fobia mandi

berasal dari Bahasa Latin yang berarti mandi’, fobia ini dapat menimbulkan rasa takut secara berkala dan tak bisa dikendalikan. Jika si kecil memiliki rasa takut berlebihan saat ingin mandi bahkan mencuci muka, bisa jadi si kecil memiliki fobia mandi. Fobia ini enggak hanya terjadi pada anak-anak saja. Perempuan juga dapat mengalami fobia mandi ini.

2. Pediophobia atau fobia boneka

Biasanya boneka menjadi mainan kesukaan anak-anak khususnya anak perempuan. Namun, enggak semua anak menyukai boneka, lho! Ada anak-anak yang ternyata enggak suka atau bahkan takut dengan boneka. Jika si kecil melihat boneka, manekin atau sejenisnya, ia dapat merasakan takut hingga menangis histeris.

3. Xanthophobia atau fobia warna kuning

Baca Juga: Bisa Buat Anak Lebih Bertanggung Jawab, Ini Manfaat Memelihara Anjing di Rumah!