Moms, saat si kecil sudah memasuki usianya yang ke 6 bulan inilah saatnya untuk si kecil mulai belajar makan dan beralih ke makanan padat. Hal ini tentu menjadi sebuah tantangan baru bagi Moms, terutama untuk para Ibu bekerja. Bagaimana enggak, ditengah berbagai aktivitas padat yang harus dijalani, Moms tentu akan disibukkan untuk membuat MPASI terlebih dahulu untuk si kecil. 

Agar enggak menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan MPASI si kecil, ada baiknya jika Moms dapat menyiapkan MPASI tersebut dalam porsi yang agak banyak, misalnya dalam 4 hingga 5 porsi makan, sehingga hal ini dapat menjadi menu makannya selama 3 hari. Tak hanya itu, Moms juga perlu memperhatikan cara menyimpan MPASI tersebut dengan aman dan benar.

Mengutip dari situs resmi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), idai.or.id, Unit Kerja Koordinasi Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI, berikut beberapa cara menyimpan MPASI yang bisa Moms lakukan.

  • Bakteri penyebab kontaminasi dapat tumbuh di makanan-makanan seperti daging, ikan, telur, susu, kedelai, juga nasi, pasta, dan sayur-sayuran. Karena itu, makanan-makanan tersebut harus disimpan dalam lemari pendingin (kulkas) dengan suhu kurang dari 5 derajat celcius.
  • Simpan MPASI yang sudah matang dalam keadaan tertutup rapat dan pastikan letaknya terpisah dari bahan makanan mentah, seperti daging dan ikan.
  • Simpan bahan makanan mentah dengan tertutup rapat.
  • Seluruh makanan harus disimpan dengan petunjuk penyimpanan yang tertulis pada kemasan, dan tidak boleh digunakan setelah melewati tanggal kedaluwarsa.

Baca Juga: Si Kecil Jadi Suka Makan Sayur, Berikut Manfaat Lakukan Aktivitas Berkebun Bersama Anak

Semoga bermanfaat ya Moms!