Banyak orang yang memilih untuk memulai pagi hari dengan olahraga saat perut kosong. Tapi, mungkin ada juga yang bertanya-tanya apakah boleh olahraga setelah makan sarapan? Temukan jawabannya di sini!

Ada beberapa orang yang ingin memiliki energi cukup untuk olahraga, tetapi hal itu tentu memicu rasa khawatir akan membuat kamu mual. Lantas bolehkah berolahraga setelah makan, atau haruskah berpuasa sampai olahraga selesai?

Jawabannya adalah tergantung. Dr. Daniel Vigil, profesor klinis asosiasi ilmu kesehatan di University of California, Los Angeles, mengatakan bahwa bagi banyak orang berolahraga berat dengan perut kenyang dapat menyebabkan refluks, cegukan, mual dan muntah. Tapi, ada beberapa orang yang bisa makan besar dan tidak mengalami masalah saat berolahraga setelahnya.

Di sisi lain, ada penelitian menunjukkan bahwa makan sebelum berolahraga tidaklah ideal. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah sebelum kamu makan. Ditambah lagi, penelitian terbaru yang diterbitkan dalam The American Journal of Physiology menemukan bahwa pria yang berolahraga tanpa makan sebelumnya membakar lebih banyak lemak.

Namun, jika jadwalmu mengharuskan kamu untuk makan terlebih dahulu, Dr. Vigil menyarankan untuk menunggu satu atau dua jam setelah makan sebelum berolahraga. Itu akan memungkinkan perut kosong.

Baca Juga: Pejuang Diet, Ini Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat Sarapan! Dijamin Berat Badan Turun

Sesuaikan apa yang kamu konsumsi dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. Jadi, jika kamu akan berlari, minumlah sekitar 20 ons cairan satu jam sebelumnya dan makan sesuatu yang kecil serta berbasis karbohidrat, seperti granola bar, pisang atau sereal kering.