Menu

Jadi Penyebab Kematian Kedua, Cermati Baik-baik 6 Gejala Awal Kanker Kolorektal Ini Beauty, Nomer 4 Sering Dialami Wanita!

06 September 2022 07:05 WIB
Jadi Penyebab Kematian Kedua, Cermati Baik-baik 6 Gejala Awal Kanker Kolorektal Ini Beauty, Nomer 4 Sering Dialami Wanita!

Ilustrasi perut mulas. (Freepik/kroshka_nastya)

HerStory, Bogor —

Beauty, setiap tahun, kanker kolorektal membunuh lebih dari 50.000 orang di Amerika Serikat. Ini adalah penyebab utama kedua kematian akibat kanker. 

Berita baiknya nih, Beauty, kanker kolorektal seringkali dapat disembuhkan jika ditemukan lebih awal. Karenanya, sangat penting untuk kita melakukan tes skrining karena dapat menemukan kanker kolorektal pada tahap awal, Beauty.

Dan perlu kamu ketahui, Beauty, seringkali tak ada gejala pada tahap awal kanker kolorektal, tetapi ketika muncul, mungkin kamu akan merasakan tanda-tanda berikut, sebagaimana dikutip dari Eat This. Yuk simak!

1. Ditemukan Darah di Tinja atau Pendarahan Rektal

Darah dalam tinja atau pendarahan dubur terjadi karena kanker telah mengikis pembuluh darah di lapisan usus besar atau rektum.

Pendarahan ini biasanya tidak menyakitkan. Wasir juga dapat menyebabkan pendarahan meskipun darah biasanya melapisi tinja daripada bercampur melaluinya. 

2. Perubahan Kaliber Tinja

Perubahan kaliber tinja, seperti tinja yang lebih sempit, bisa menjadi tanda kanker kolorektal.

Gejala ini disebabkan oleh tumor yang menyumbat sebagian usus besar atau rektum yang menyebabkan tinja keluar melalui tabung yang menyempit seperti pasta gigi. Sindrom iritasi usus juga dapat menyebabkan tinja setipis pensil.

Jika tinja yang menyempit bertahan lebih dari 3 hari.

Baca Juga: Banyak yang Gak Sadar, 5 Makanan dan Minuman Ini Nyatanya Bisa Picu Kanker Usus Besar, Batasi Kalau Masih Sayang Nyawa!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.