Saat sedang hamil memang banyak yang harus dipersiapkan,ya. Persiapan memang sangat penting agar sang ibu dan janin dapat sehat hingga  masa persalinan tiba.

Namun, seringkali ibu hamil bingung persiapan apa saja yang harus dilakukan. Melansir dari the Asian Parent (13/10/2020), ini dia hal-hal yang harus dipersiapkan ibu hamil sebelum melahirkan!

1. Melakukan pemeriksaan kehamilan

Memeriksa kehamilan menjadi hal terpenting ya. Calon Moms harus rutin setidaknya sebulan sekali mengunjungi dokter kandungan terpercaya. Tujuan ini untuk melihat bagaimana perkembangan si janin dalam kandungan sehingga kita dapat mengetahui kesehatan calon bayi nanti. Rutin berkonsultasi dengan dokter juga dapat mencegah komplikasi yang mungkin terjadi pada masa kehamilan.

2. Rutin olahraga

Hamil bukan berarti berhenti berolahraga, ya. Memang saat sedang hamil seringkali tubuh terasa lebih cepat ngantuk dan lelah sehingga malas untuk bergerak. Meskipun begitu, ibu hamil juga perlu aktif bergerak agar kondisi tubuh dan janin tetap sehat. Enggak perlu melakukan olahraga yang berat. Coba saja berenang atau melakukan yoga khusus bagi ibu hamil.

3. Pola makan yang sehat

Asupan makanan sangat berpengaruh bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Ibu hamil harus mendapatkan asupan nutrisi yang maksimal dan tentunya menyehatkan. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, asam folat, dan zat esensial lainnya. Untuk lebih pastinya cobalah konsultasikan lagi ke dokter kandungan mengenai makanan apa yang lebih baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca Juga: Kista Pada Ibu Hamil? Berbahaya Gak Ya? Begini Penjelasan Ahli!