Menu

Tangan Sering Mati Rasa saat Bangun Tidur Tanda Penyakit Bahaya? Ternyata Ini Penyebabnya...

06 September 2022 06:30 WIB
Tangan Sering Mati Rasa saat Bangun Tidur Tanda Penyakit Bahaya? Ternyata Ini Penyebabnya...

Ilustrasi telapak tangan basah. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apa kamu pernah merasakan tangan kesemutan atau mati rasa mendadak dan enggak bisa digerakkan saat bangun tidur di pagi hari?

Ternyata, kesemutan atau mati rasa di bagian tangan saat bangun tidur itu wajar terjadi. Namun, masih banyak orang yang menganggap ini adalah hal yang parah.

Melansir dari berbagai sumber (6/9/2022), peneliti neurologi pada Mayo Clinic, James Dyck mengatakan abhwa orang salah paham mengira tangan mati rasa dan enggak bisa bergerak karena terhentinya aliran darah. Padahal, itu terjadi karena adanya tekanan pada saraf.

Ada beberapa saraf di lengan kita yang memiliki fungsi vitalnya masing-masing. Mati rasa dan kesemutan jadi efek dari penekanan pada saraf tersebut saat tidur.

Hal tersebut mengakibatkan informasi yang mengalir dari kaki dan tanganmu kembali ke otak terganggu sementara. Saat enggak bisa digerakkan, Dyck menyebutnya mirip dengan sleep paralysis.

"Mungkin karena kamu stuck pada posisi tertekan saat fase rapid eye movement (REM). Saraf yang tertekan bisa rusak. Bagusnya adalah tubuh akan secara alamiah bangun sebagai mekanisme pelindung ketika sebuah saraf tertekan terlalu lama," kata Dyck.

Baca Juga: Tubuh Sering Terasa Dingin saat Bangun Tidur? Tak Perlu Cemas, Ini Penyebabnya

Baca Juga: Gegara Keasikkan Tidur di Luar Rumah, Seekor Ular Masuk ke Tenggorokan Wanita Ini!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.