Menu

Duh Ngeri.. Masalah Kulit Seperti Ini Ternyata Disebabkan oleh Covid-19, Ketahui Cara Mengenalinya Beauty!

06 September 2022 17:30 WIB
Duh Ngeri.. Masalah Kulit Seperti Ini Ternyata Disebabkan oleh Covid-19, Ketahui Cara Mengenalinya Beauty!

Ruam kulit. (Press Release/ZAP Clinic)

HerStory, Bogor —

Beauty, Covid-19 bukan hanya masalah pernapasan, tetapi memiliki efek jangka panjang dan juga berdampak pada beberapa organ lainnya. 

Tak lama setelah dikira sebagai infeksi saluran pernapasan, pakar kesehatan menyatakan bahwa Covid-19 memang berdampak pada organ tubuh lain seperti jantung, ginjal, juga perut.

Dan, di antara banyak implikasi dari infeksi Covid-19, salah satunya terkait dengan kulit, lho!

Masalah kulit akibat Covid-19

Ruam kulit adalah tanda potensial Covid-19. Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, yang diterbitkan setahun setelah dimulainya pandemi, ada hubungan besar antara ruam kulit dan Covid-19.

Penelitian ini melibatkan 3.36.487 orang di Inggris yang telah memperbarui hasil tes Covid-19 mereka di aplikasi studi gejala Covid-19. Sesuai data yang diambil dari aplikasi, 8,8% menunjukkan masalah kulit selama Covid-19 dan 6,8% di antaranya melaporkan ruam tubuh.

Studi ini juga menemukan bahwa pada sekitar 17% individu, ruam kulit muncul sebelum timbulnya gejala Covid-19 lainnya dan 21% orang hanya memiliki masalah kulit sebagai gejala Covid-19.

Dengan penelitian ini, para peneliti telah menunjukkan bahwa karena perubahan kulit dapat dengan mudah dikenali, itu dapat digunakan sebagai indikator potensial infeksi.

Baca Juga: Salut! Putri Sofia Bantu Kerja di RS Lawan Covid-19

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Aaliyah Massaid Nyanyikan Lagu 'Saling Peduli'

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: