Menu

Kemenkes Sebut Pneumonia 'Misterius' Sudah Pernah Muncul di Indonesia, Gejalanya Mirip Covid-19?

06 September 2022 14:00 WIB
Kemenkes Sebut Pneumonia 'Misterius' Sudah Pernah Muncul di Indonesia, Gejalanya Mirip Covid-19?

Ilustrasi seorang wanita alami sesak napas. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan munculnya wabah pneumonia berat akibat bakteri Legionella di Argentina. WHO mengonfirmasi adanya empat kematian akibat pneumonia berat di Argentina.

Legionellosis adalah penyakit seperti pneumonia yang tingkat keparahannya bervariasi, dari demam ringan hingga paru-paru yang serius dan terkadang fatal.

Mengutip dari berbagai sumber (6/9/2022), bakteri ini dapat berkembang biak dalam sistem udara buatan manusia, seperti Air Conditioner (AC).

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1538, pertama kali penyakit Legionella terjadi di Philadelpia, Amerika Serikat, pada 1976.

Di Indonesia, kasus pneumonia misterius terjadi di sejumlah tempat antara lain di Bali (1996) dan di Karawaci Tangerang (1999).

Gejala pneumonia misterius Argentina ini sekilas mirip dengan Covid-19 karena kedua bakteri dan virus menyerang organ pernapasan manusia.

Lantas, apa saja gejalanya?

Baca Juga: Moms Harus Waspada! Kenali dan Cegah Pneumonia pada Si Kecil dari Sekarang Yuk!

Baca Juga: Pneumonia pada Anak Bisa Berakibat Fatal, Save the Children Buat Kampanye Daring 'Ayo Imunisasi STOP Pneumonia'

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.