Menu

Obesitas Sebabkan Area Miss V Jadi Gelap? Begini Penjelasan Dokter!

06 September 2022 21:05 WIB
Obesitas Sebabkan Area Miss V Jadi Gelap? Begini Penjelasan Dokter!

Ilustrasi area intim terasa gatal. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Medan —

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan berbagai gangguan dan ancaman kesehatan seperti penyakit jantung. Tak hanya itu, kondisi ini dapat menyebabkan bagian Miss V menggelap.

Kulit menjadi kehitaman merupakan salah satu gejala diabetes. Kondisi ini dinamakan sebagai akantosis nigrikans yaitu kulit mengalami perubahan menjadi lebih gelap, tebak, dan bertekstur seperti beludru.

Salah satu area yang kerap mengalami penggelapan adalah area leher, bibir, ketiak, telapak tangan, buku-buku jari, siku, lutut, lipat paha, dan telapak kaki. Dokter Silvia Utomo juga menjelaskan bahwa area Miss V juga rentan mengalami kondisi ini akibat diabetes.

Namun, dalam YouTube Dokter 24, dr. Silvia Utomo menegaskan bahwa perubahan warna area Miss V adalah hal yang normal. Selama tak ada rasa sakit dan bau tak sedap, maka kondisi ini adalah hal yang normal.

Dokter Silvia mengatakan bahwa perubahan warna Miss V yang disertai keluhan rasa sakit menandakan terjadinya infeksi. Hal ini butuh untuk diperiksa lebih lanjut oleh ahli medis.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Membersihkan Miss V

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Membersihkan Miss V, Ampuhkah?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.