Menu

Berkaca dari Reza Gunawan yang Sempat Alami Stroke Perdarahan Sebelum Meninggal, Pahami Gejalanya Moms!

07 September 2022 10:40 WIB
Berkaca dari Reza Gunawan yang Sempat Alami Stroke Perdarahan Sebelum Meninggal, Pahami Gejalanya Moms!

Dee Lestari dan Reza Gunawan (Instagram/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Kabar duka tengah dirasakan oleh penulis Dee Lestari yang baru saja kehilangan suaminya, Reza Gunawan. Sebelumnya, Dee mengunggah di Instagram pribadinya mengenai kondisi Reza pada 2 September 2022.

Penulis novel Perahu Kertas itu mengungkapkan kalau suaminya semoat dirawat di rumah sakit selama satu bulan lebih akibat mengalami stroke perdarahan.

Stroke sendiri terjadi apabila pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah. Akibatnya sebagian otak tidak mendapatkan pasokan darah yang membawa oksigen. Akibatnya terjadi kematian pada sel atau jaringan tubuh.

Stroke perdarahan disebut juga dengan hemoragik. Kondisi itu terjadi akibat pembuluh darah di otak pecah. Bila pembuluh darah pecah kemudian darah masuk ke dalam jaringan yang menyebabkan sel-sel otak mati disebut dengan perdarahan intraserebral. Kondisi itu menyebabkan kerja otak berhenti. Penyebabnya biasanya karena hipertensi.

Sedangkan, jika pembuluh darah yang pecah berdekatan dengan permukaan otak dan darah bocor di antara otak juga tulang tengkorak, disebut juga perdarahan subarachnoid. Penyebabnya bisa berbeda-beda, tetapi biasanya karena pecahnya aneurisma.

Penting untung mengetahui gejala penyakit storke ini sebagai tindakan pencegahan. Gejala paling umum akibat stroke perdarahan seperti, penurunan kesadaran, nyeri kepala hebat, kejang dan muntah tanpa didahului, mual yang terjadi secara mendadak. 

Apabila terjadi gejala-gejala itu, penderita harus dibawa segera ke rumah sakit. Jika penderita terlambat mendapat penanganan medis lebih dari 3-4,5 jam, maka gejala-gejala stroke akan bertambah berat.

Baca Juga: Dee Lestari Ungkap Bahwa Glenn Fredly Ubah Lirik Lagu 'Malaikat Juga Tahu'

Baca Juga: YDBA Berkolaborasi dengan Dee Lestari Resmikan Buku Terbaru Rantai Tak Putus! Bacaan Wajib untuk Para Pelaku UMKM

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.