Menu

5 Makanan Penyebab Sakit Ginjal yang Sering Dikonsumsi, Sebaiknya Segera Hindari!

07 September 2022 13:05 WIB
5 Makanan Penyebab Sakit Ginjal yang Sering Dikonsumsi, Sebaiknya Segera Hindari!

Ilustrasi makanan sehat. (Unsplash/Rachel Park)

HerStory, Bandung —

Sakit ginjal merupakan salah salah satu penyakit yang banyak diderita. Ketika ginjal mulai rusak artinya ginjal tak lagi bisa membuang racun dalam darah atau mengendalikan cairan tubuh. 

Menurut National Institutes of Health, rata-rata ginjal menyaring sebanyak 200 liter darah per hari yang menghasilkan sekitar 2 liter limbah.

Dalam prosesnya, semua nutrisi penting yang kita butuhkan dalam tubuh akan mengalir melalui darah dan ginjal terus bekerja sepanjang waktu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari pun dapat memengaruhi seberapa keras ginjal bekerja untuk menyalurkan semua nutrisi ke tubuh. Sayangnya, terdapat beberapa makanan yang justru membuat ginjal bekerja terlalu keras dan inilah yang menjadi penyebab sakit ginjal.

Untuk itu, sebaiknya kamu hindari beberapa makanan dan minuman di bawah ini, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (7/9/2022).

1. Daging merah

Daging merah memang mengandung protein yang cukup tinggi, tetapi makanan ini membuat ginjal terlalu bekerja keras. Selain itu, daging merah juga tinggi lemak jenuh yang bisa menyebabkan pembentukan sel makrofag dalam jaringan ginjal. Kondisi ini bisa merusak ginjal dan menyebabkan penumpukan residu asam dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Makanan dan Minuman Penyebab Ginjal Rusak, Hindari Moms!

Baca Juga: Sering Dikonsumsi Setiap Hari, 5 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Jadi Penyebab Ginjal Rusak

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.