Buah semangka sering dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut alias makanan penutup. Buah satu ini memang banyak digemari oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tak hanya itu, buah semangka juga sangat mudah dicari dengan harga yang tergolong murah, terlebih manfaat yang diberikan buah semangka juga baik untuk kesehatan tubuh. 

Disamping mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh, nyatanya, buah semangka juga dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan lho.

Menurut peneliti di Universitas Texas A&M, Amerika Serikat, kebanyakan makan semangka bisa menghasilkan efek yang sebanding dengan obat disfungsi ereksi sildenafil. Arginina, diproduksi citrulline setelah konsumsi semangka, dilaporkan dapat menstimulasi oksida nitrat (nitric oxide) yang merelaksasi pembuluh darah dengan cara yang mirip dengan kerja sildenafil. Meski penyebab impotensi beragam, tapi kelebihan oksida nitrat membuat peningkatan aliran darah bisa ereksi dan bisa meningkatkan kesehatan jantung pada saat yang bersamaan.

Enggak hanya itu saat mengkonsumsi buah semangka berlebihan, tubuh kita akan terlalu terhidirasi. Terlalu terhidrasi alias overhydration dapat menyebabkan tubuh kehilangan sodium. Kondisi tersebut bisa berujung pada peningkatan aliran darah, sehingga dapat membuat kaki menjadi bengkak, tubuh kelelahan, dan membuat ginjal lemah.

Baca Juga: Hindari Mulai Hari Ini! 4 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi saat Minum Kopi, Apa Saja Itu?

Meskipun buah semangka mampu membuat tubuh terasa segar, bebas lemak, rendah kalori, dan bernutrisi, Namun Beauty harus tetap mengkonsumsinya secara bijak. Ingat, kebanyakan makan semangka tak baik untuk kesehatan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas