Setiap orang tua tentu menunggu momen-momen si kecil yang mulai mengoceh dengan suara lucunya. Apalagi ketika bayi sudah bisa mengucapakan kata 'Mama' atau 'Papa' dari mulut manisnya, duh hati orang tua mana sih yang enggak bahagia. Namun, menunggu momen itu butuh kesabaran dan sebagai orang tua sudah sepatutnya membantu si kecil dan mengajaknya agar mau mengoceh atau berbicara, Bunda.

Sekadar Bunda tahu aja nih, sebelum bayi belajar dalam bahasa yang nyata, ia akan bermain-main dengan suaranya alias baby talk. Saat memasuki usia enam bulan, si bayi akan mulai mengoceh dengan suara yang berbeda. Mungkin menyebutkan 'ba-ba', 'da-da', atau 'na-na'.

Seiring berjalannya waktu, memasuki usia tujuh bulan, bayi akan mulai terbiasa merespon naamanya sendiri, mengenai bahasa orang tua, dan menggunakana nada suaranya.

Maka dari itu, penting banget nih Bunda untuk selalu mendorong bayi agar ia mau mengoceh sampai bisa menyebutkan kata-kata manis yang ingin kamu dengar. Menyadur dari laman FirrstCry Parenting, Rabu (14/10/2020), berilkut lima cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengajak bayi agar mau mengoceh.

Bekerja dengan indra

Bunda, mengulangi 'mama' atau 'papa' berulang kali adalah salah satu cara terbaik untuk mendorong bayi mengucapkan kata-kata tersebut. Lebih efektif lagi, kamu bisa meletakkan tangan bayi di atas mulutmu saat mengucapkan 'ma' agar membantunya memahami kata tersebut. Melakukan latihan ini dengan bayimi adalah cara yang bagus untuk menstimulasi keterampilan pendengaran, visual, dan sentuhan bayimu.

Baca Juga: Tahu Enggak Sih Moms, Ternyata ini Lho Alasan Bayi Suka Gigit Puting Payudara saat Menyusu