Menu

Ngeri, Ini 3 Tanda Gula Darah Tinggi yang Gak Banyak Orang Tahu, Cek Moms!

07 September 2022 17:50 WIB
Ngeri, Ini 3 Tanda Gula Darah Tinggi yang Gak Banyak Orang Tahu, Cek Moms!

Ilustrasi capek dan ngantuk. (Freepik/cookie_studio)

HerStory, Jakarta —

Naiknya kadar gula darah seringkali tak disadari. Padahal, jika dibiarkan kondisi in bisa membahayakan tubuh Moms. Perlu Moms pahami, batasan kadar gula yang normal dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dL sebelum makan dan kurang dari 140 mg/dL dalam 2 jam setelah makan.

Angka kadar gula darah sudah melonjak tinggi lebih dari batas wajar dapat menandakan kondisi hiperglikemia. Kondisi ini juga bisa digolongkan sebagai prediabetes, atau memasuki diabetes tahap awal.

Berikut ini tanda dari gula darah tinggi yang wajib kamu waspadai, yaitu?

1. Mulut kering

Pada orang yang memiliki gula darah tinggi, gejala mulut kering juga umum dibarengi dengan masalah bibir kering dan pecah-pecah, bau mulut, sering haus, dan sensasi kering di tenggorokan.

Tingginya kadar gula darah menyebabkan kelenjar air liur terganggu sehingga tidak menghasilkan air liur secara normal. Akibatnya, kebutuhan air liur tidak tercukupi dan menciptakan kekeringan dan masalah di mulut.

2. Penglihatan kabur

Gejala gangguan mata yang paling sering dirasakan orang dengan kadar gula tinggi adalah pandangan kabur. Munculnya ciri-ciri gula darah tinggi satu ini disebabkan oleh tubuh yang tidak mampu menggunakan kelebihan gula sebagai sumber energi untuk saraf dan jaringan mata.

Saraf dan jaringan mata yang kekurangan asupan “makanan” dari glukosa tidak bisa bekerja baik sehingga akhirnya penglihatan menjadi terganggu.

Baca Juga: Bukan Penderita Diabetes? Mungkin Ini Penyebab Gula Darah Tinggi

Baca Juga: Ini Tanda Peringatan Gula Darah Tinggi di Malam Hari, Waspada Diabetes Tipe 2!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari