Kaum hawa dikenal sebagai sosok yang lebih memperhatikan penampilan. Enggak heran deh berbagai cara dilakukan untuk mempersolek diri. Salah satunya penampilan payudara.

Biasanya karena bertambahnya usia, ligamen di payudara (disebut ligamen Cooper) meregang seiring waktu. Ini biasanya karena gravitasi, meskipun ada penyebab lain mungkin juga terlibat.

Baca Juga: Tahu Enggak Sih Moms, Ternyata ini Lho Alasan Bayi Suka Gigit Puting Payudara saat Menyusu

Banyak wanita yang merasa kurang percaya diri saat memiliki payudara yang kendur. Padahal payudara kendur juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat lho. Nah, berikut ini beberapa penyebab payudara kendur yang wajib diketahui para wanita:

  1. Penuaan: Hilangnya elastisitas kulit akibat penuaan merupakan penyebab paling umum payudara kendur.
  2. Kekurangan kolagen
  3. Defisiensi estrogen
  4. Gravitasi
  5. Indeks massa tubuh terlalu tinggi (berat badan berlebih)
  6. Ukuran payudara lebih besar: ukuran payudara yang besar menyebabkan kemungkinan kendur yang lebih tinggi, semata-mata karena massa payudara yang lebih tinggi lebih rentan terhadap gravitasi.
  7. Menopause
  8. Penurunan berat badan yang cepat diikuti dengan penambahan berat badan (atau sebaliknya)
  9. Merokok: Faktor lainnya adalah merokok, yang mempercepat penuaan dan dengan demikian berkontribusi pada payudara kendur meski masih berusia muda.
  10. Menyusui
  11. Memakai bra yang tak benar
  12. Hamil kembar: Kehamilan multipel atau hamil kembar adalah penyebab lain karena perubahan hormonal mengecilkan dan memperluas saluran susu pada setiap kehamilan yang dapat menyebabkan jaringan kendur. Perubahan berat badan yang cepat sebelum dan sesudah kehamilan dapat memperparah kondisi ini.