Menu

'Pahit Rasanya, Ampuh Khasiatnya', Manfaat Pare Tak Bisa Disepelekan Moms, 3 Penyakit Ganas Ini Auto Ambrol

07 September 2022 19:25 WIB
'Pahit Rasanya, Ampuh Khasiatnya', Manfaat Pare Tak Bisa Disepelekan Moms, 3 Penyakit Ganas Ini Auto Ambrol

Ilustrasi sayur pare (Freepik/Iamnee)

HerStory, Jakarta —

Rasa pare yang pahit membuat banyak orang tak menyukainya. Padahal, sayuran satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Pasalnya, pare mengandung berbagai vitamin, seperti Vitamin A, C, E, B1, B2, B3, dan B9. 

Selain itu pare juga mengandung mineral, seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi, serta kandungan senyawa antioksidan, seperti fenol, dan flavonoid. Lantas, apa saja manfaat pare? Berikut manfaat pare dilansir dari laman Hellosehat.

1. Meredakan asma dan gangguan pernapasan lainnya

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, jus dari buah pare juga digunakan untuk mengobati kondisi pernapasan tertentu, seperti batuk kering, bronkitis, dan asma selama ratusan tahun.

Pare memiliki sifat antihistamin, anti-inflamasi, dan antivirus yang membuat pare menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan.

2. Mengobati masalah kulit

Manfaat pare lainnya adalah sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai masalah kulit, baik yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri. Senyawa antijamur dan antibakteri yang terdapat dalam daun pare bisa membantu melawan infeksi kulit, termasuk kurap (ringworm) dan kudis (scabies).

Caranya, kamu cukup mengekstrak daun pare dan oleskan pada area kulit yang mengalami gangguan.

Baca Juga: Pare Bisa Jadi Obat Diabetes, Benarkah Begitu?

Baca Juga: Jangan Asal Konsumsi Herbal Pengobat Diabetes, Dokter Ingatkan Soal Ini!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.