Beauty, taukah kamu? Zumba, dalam bahasa Kolombia artinya bersenang-senang dan bergerak cepat. Senam Zumba adalah rangkaian olahraga atau senam jantung yang menyenangkan dan mudah diikuti. Gerakan aerobik berbasis tarian ini diiringi musik dengan kombinasi irama yang cepat dan pelan. 

Dengan melakukan Zumba selama 1 jam 3 kali per minggu, kamu bisa menurunkan setidaknya 0,5 kg dalam 2 minggu dan 1 kg per bulan. Tentunya dengan pengaturan pola makan juga. Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/10/2020) berikut manfaat senam zumba.

1. Membakar Kalori dan Lemak

Melakukan zumba selama 39 menit mampu membakar kalori sebesar 9,5 kalori per menitnya. Setidaknya, ada sekitar 369 kalori yang terbakar dalam sekali kelas zumba 39 menit tersebut. Setidaknya tubuh harus membakar 300 kalori untuk bisa menurunkan berat badan, dan zumba menjadi satu pilihan yang tepat.

2. Membangun Ketahanan Tubuh

Musik yang diputar untuk mengiringi gerakan zumba memiliki tempo cepat, sehingga pergantian gerakan untuk menyesuaikan dengan iramanya mampu membangun ketahanan tubuh. Terjadi penurunan denyut jantung dan tekanan darah sistolik setelah melakukan zumba selama 12 minggu, dan hal ini erat kaitannya dengan peningkatan ketahanan tubuh.  

Baca Juga: Manjur Menurunkan Berat Badan, Seberapa Sering Sih Baiknya Olahraga Zumba?