Menu

Studi Ungkap Golongan Darah A Paling Berisiko Alami Stroke Dini, Kok Bisa?

08 September 2022 07:21 WIB
Studi Ungkap Golongan Darah A Paling Berisiko Alami Stroke Dini, Kok Bisa?

Ilustrasi sakit stroke. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Stroke merupakan suatu kondisi darurat medis ketika pasokan darah ke otak terganggu karena penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Dalam sebuah penelitian telah diungkapkan bahwa ada satu golongan darah yang paling berisiko mengalami stroke dini. Wah, golongan darah apa, ya?

Dilansir dari Scitechdaily (8/9/2022), dalam penelitian itu diungkapkan bahwa orang dengan golongan darah A lebih berisiko mengalami stroke dini dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Jika disesuaikan dengan jenis kelamin dan faktor lainnya, peneliti menemukan bahwa orang dengan golongan darah A memiliki risiko 16 persen lebih tinggi mengalami stroke dini.

Sementara itu, orang dengan golongan darah O disebut paling minim berisiko stroke. Golongan darah O memiliki risiko 12 persen lebih rendah terkena stroke dibandingkan yang lainnya.

"Meta-analisis kami melihat profil genetik orang dan menemukan hubungan antara golongan darah dan risiko stroke dini. Hubungan golongan darah dengan stroke onset lanjut jauh lebih lemah daripada apa yang kami temukan dengan stroke awal," kata Braxton D. Mitchell, PhD, MPH, Profesor Kedokteran di UMSOM selaku peneliti utama studi.

Baca Juga: Terkenal Perfeksionis, Ini Fakta Menarik Wanita Golongan Darah A

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu! Ini 3 Cara Ampuh Taklukan Hati Wanita Golongan Darah A

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita