Menu

Sering Konsumsi Gandum Bisa Kendalikan Stroke, Benar Enggak Ya?

08 September 2022 11:15 WIB
Sering Konsumsi Gandum Bisa Kendalikan Stroke, Benar Enggak Ya?

Roti Gandum (Instagram/i.bread)

HerStory, Bandung —

Penyakit stroke merupakan suatu kondisi di mana adanya penyumbatan atau perdarahan pembuluh darah mengganggu atau cenderung mengurangi suplai darah ke otak. Penderita stroke pun tak hanya orang lanjut usia, tetapi juga bisa menyerang anak muda.

Stroke juga merupakan salah satu penyakit kronis terbesar di dunia setelah jantung dan diabetes. Biasanya penyakit ini ditandai dengan menurunnya kemampuan berbicara, kelumpuhan hingga hilangnya daya ingat.

Dilansir dari Health Line, stroke bisa ditangkal jika sedari dini seseorang memperbanyak konsumsi makanan yang berasal dari tumbuh tumbuhan. Di antaranya seperti gandum utuh, buah buahan, sayur sayuran, biji bijian dan kacang kacangan.

Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa setiap 1 gram serat yang dikonsumsi per hari, akan terjadi penurunan risiko stroke sebesar 1 persen.

Bahkan, jika serat harian mampu ditambah sebanyak 10 gram maka penurunan risiko stroke akan menjadi 12 persen.

Selain menurunkan risiko stroke, konsumsi serat secara rutin, terutama serat yang berasal dari gandum utuh, juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, diabetes dan penyakit saluran pernafasan. 

Manfaat serat tersebut diduga karena serat memiliki kemampuan sebagai anti inflamasi. Artinya, banyak makan serat maka proses inflamasi yang ada di dalam tubuh juga menurun.

Namun, perlu diingat untuk tetap mengonsumsi suplemen vitamin B12 yang bersumber dari hewani ya Moms!

Baca Juga: Waduh! Apa Benar Wanita Lebih Berisiko Alami Stroke?

Baca Juga: Penelitian: Tidur Siang Dapat Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Stroke

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.