Menu

Jangan Panik Dulu! Ini Alasan Kenapa Warna Darah Menstruasi Hitam

08 September 2022 13:10 WIB
Jangan Panik Dulu! Ini Alasan Kenapa Warna Darah Menstruasi Hitam

Ilustrasi darah menstruasi sedikit (Pexel/Cottonbro)

HerStory, Bandung —

Ketika sedang menstruasi, warna darah menjadi salah satu indikator yang harus diperhatikan karena bisa menandakan apakah tubuhmu sehat atau tidak. Namun, sebelum kamu merasa panik perlu diketahui bahwa darah menstruasi yang bukan warna merah adalah normal.

Tetapi, terdapat beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab darah menstruasi berwarna hitam. Kira-kira apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Awal atau akhir periode

Dalam banyak kasus, variasi dari merah ke hitam ada hubungannya dengan aliran dan waktu darah berada di dalam rahim. Darah haid berwarna hitam biasanya menunjukkan bahwa haid baru saja dimulai ataupun akan berakhir.

2. Adanya benda asing di dalam vagina

Darah periode hitam menunjukkan adanya sesuatu yang tersangkut di dalam vagina. Jika kamu melihat darah hitam, itu bisa karena benda asing seperti tampon, atau alat kontrasepsi yang bersarang di vagina.

3. Kanker serviks

Berikutnya, darah hitam disertai pendarahan yang tidak teratur setelah berhubungan seks atau bahkan di antara periode dapat mengindikasikan kanker serviks.

Tanda-tanda lain dari kanker serviks stadium lanjut termasuk kelelahan, penurunan berat badan, hubungan seksual yang menyakitkan, periode yang lebih lama atau lebih berat, kesulitan buang air kecil, dan nyeri panggul.

Baca Juga: Viral! Wanita Ini Gunakan Darah Menstruasi untuk Masker Wajah, Ngaku Bikin Glowing

Baca Juga: Menghindari Iritasi, Pentingnya Pakai Menstual Cup!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.