Menu

Sering Kesemutan di Jempol Kaki Moms? Hati-hati Gangguan pada Kanal Carpal, Apakah Kondisi Ini Berbahaya?

08 September 2022 11:57 WIB
Sering Kesemutan di Jempol Kaki Moms? Hati-hati Gangguan pada Kanal Carpal, Apakah Kondisi Ini Berbahaya?

Ilustrasi kedutan di kaki (Exaude.com/Edited By HerStory).

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah kamu sering merasa kesemutan atau bahkan mati rasa di jempol kaki? Jika iya, hati-hati ya, bisa jadi kamu kena gangguan kanal carpal. Apa itu penyakit kanal carpal? Apakah penyakit ini berbahaya?

Nah, untuk lebih jelasnya, mari siamk penjelasan di bawah ini.

Melansir dari laman Antara, Dokter spesialis bedah ortopedi konsultan hand & microsurgery, dr Oryza Satria, Sp.OT (K), menjelaskan bahwa kanal carpal berisikan tendon fleksor, selubung tendon, serta saraf yang mengatur fungsi gerak dan rasa pada ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, serta setengah jari manis.

"Meski terbentuk dari struktur padat dan bersifat tetap, bukan berarti kanal ini bebas dari gangguan," jelas Dokter Oryza.

Secara umum, gejala akibat masalah pada kanal carpal yang mengarah Carpal Tunnel Syndrome (CTS) terbagi menjadi tiga tahapan.

Pada tahap awal, pasien akan sering terbangun di malam hari karena merasa kebas, kesemutan, tersayat, terbakar, dan rasa “penuh” atau bengkak pada tangan.

Baca Juga: Beauty, Kamu Pernah Mengalami Kesemutan pada Vagina? Jangan Panik, Yuk Kenali Penyebabnya!

Baca Juga: Jarimu Sering Kesemutan? Waspada! Bisa Jadi Gejala Diabetes Lho, Perhatikan Cirinya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari