Menu

Marak Kasus HIV, Apa Si Penyebabnya? Cari Tahu Yuk Moms!

08 September 2022 15:46 WIB
Marak Kasus HIV, Apa Si Penyebabnya? Cari Tahu Yuk Moms!

Ilustrasi seorang dokter sedang memegang pita merah sebagai lambang solidaritas ODHA. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Meningkatnya kasus HIV di Kota Bandung menjadi perhatian publik. Tentu saja, kabar tersebut menjadi refleksi bagi kita semua akan pentingnya menjaga pergaulan dan peduli terhadap kesehatan reproduksi.

Seperti diketahui, salah satu penyebab HIV adalah seringnya gonta-ganti pasangan. Namun, selain itu ternyata ada faktor lain yang bisa menyebabkan seseorang terserang virus HIV lho Moms.

Apa saja? Berikut ini penyebab utama HIV selain gonta-ganti pasangan, dilansir dari Healthline, yaitu:

1. Berbagi jarum suntik

Penggunaan jarum suntik secara bergantian dengan pengidap HIV, merupakan salah satu cara untuk menularkan virus ini. Contohnya, menggunakan jarum suntik saat menggunakan Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA).

Tak hanya itu, orang yang menyuntikan obat, steroid, atau hormon juga dapat terinfeksi HIV bila menggunakan jarum suntik secara bergantian. Kok bisa? Kata ahli, hal ini disebabkan ada darah yang masih menempel pada jarum suntik dari pengguna sebelumnya yang terinfeksi HIV.

Baca Juga: 4 Gejala HIV yang Penting untuk Diketahui, Hati-hati Ya!

Baca Juga: Pentingnya Deteksi HIV Sejak Dini yang Ternyata Tak Cuma Disebabkan Karena Hubungan Seksual

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari